Menggali Inspirasi Dari Sum(b)er Terdekat

 Pernahkah kehilangan inspirasi saat melakukan sesuatu? Tiba-tiba saja sedang ide mampet atau keinginan melanjutkan pekerjaan merosot begitu saja. Banyak orang yang mengalami hal ini. tidak terkecuali seseorang yang sudah profesional di bidangnya. Ada berbagai cara yang dilakukan oleh orang-orang dalam mengembalikan mood untuk melanjutkan pekerjaan atau mencari ide. Ada yang tanpa modal, ada pula yang mengeluarkan modal demi moodbooster.

Saya juga sering mengalami stuck dalam melakukan sesuatu. Terutama di masa-masa mengerjakan tugas akhir yang sukses bikin migren. Hal-hal yang berkaitan dengan tugas akhir memang tidak bisa diajak kompromi. Jadi, solusinya hanya mencari cara untuk mengembalikan mood agar semua ide dapat kembali tertuang dengan baik. Tentu saja, tugas akhir juga harus selesai dikerjakan. Beberapa hal yang kerap saya lakukan ketika inspirasi menghilang adalah sebagai berikut.

Membaca Novel

 Kalau Anda tidak menyukai novel, bisa digantikan dengan buku apa saja yang sesuai dengan minat. Hindari mendekatkan diri dengan buku-buku yang berkaitan dengan tugas akhir atau pekerjaan. Biasanya bukan berakhir mencerahkan, tapi justru memperburuk suasana. Kita seperti didoktrin untuk melakukan sesuatu sesuai dengan teori. Saya suka membaca novel dan ampuh mengembalikan suasana hati karena kisah yang dikarang oleh penulis.

[Photo: Pexels-Ivan Samkov]


Menonton

Belakangan ini banyak platform streaming untuk menonton drama atau film favorit, ada yang berbayar dan ada pula yang gratis. Saya sendiri memilih nonton drama atau film original. Ada harga yang harus dibayar, tapi untuk mengobati kemandekan dalam menggali inspirasi tidak masalah. Harga yang saya bayar cukup memuaskan hati. Ada juga film-film atau drama ilegal di Telegram atau website lain yang bisa diunduh gratis. Secara personal, saya tidak mendukung untuk melakukan tindakan ilegal tersebut, ya.

Mendengar Podcast Atau Radio

Mungkin ini sudah bukan zamannya lagi untuk mendengar radio. Meskipun radio daring juga bukan hal yang baru di era teknologi 4.0 ini. Jika mendengar radio streaming terasa membosankan, podcast adalah pilihan yang paling tepat. Kita bisa memilih tema berdasarkan interest dan mulai mendengarkan. Selain podcast di platform musik seperti Spotify atau Joox, podcast bisa ditonton di YouTube tanpa harus memokuskan mata pada layar. Banyak sekali tayangan podcast di YouTube yang dapat menginspirasi kembali pekerjaan yang mandeg atau sekedar mencari ide baru.

Membersihkan Rumah

Membersihkan rumah adalah salah satu cara terampuh untuk saya dalam menggali inspirasi. Biasanya saat tangan mulai bekerja, otak juga akan perlahan menguarai segala file yang sudah bertumpuk di dalam otak. Hal-hal yang ingin digali dan dikembangkan perlahan muncul. Terkadang inspirasi justru muncul sebelum rumah benar-benar saya bersihkan. Eit, membersihkan rumah yang dimaksud bukan sekedar nyapu ngepel saja, ya. saya terbiasa membersihkan rumah dengan cakupan termasuk mencuci, menyetrika, merapikan lemari, sampai membersihkan kulkas.

[Photo: Pexels]

Melakukan Hobi

Jika sebagian orang jalan-jalan adalah hobi, saya tidak memasukkan jalan-jalan dan membaca buku serta nonton sebagai hobi. Bagi saya, hobi adalah sesuatu yang dilakukan untuk melepas stres, termasuk menggali kembali ide yang tenggelam. Ketika melakukan hobi, seringkali saya bisa melakukan hal-hal yang terbentur kejenuhan lebih luwes dan mudah. Meskipun tidak memiliki waktu khusus untuk melakukan hobi menggambar, menulis adalah salah satu yang bisa saya lakukan untuk memperbaharui kondisi yang mulai mandeg. Menulis catatan ini misalnya.

Bersosialisasi Dengan Tetangga

Berbincang dengan tetangga itu penting. Baik sekedar mendengar gosip terbaru di sekitar atau sekedar melihat koleksi tanaman baru. Pada dasarnya, berkomunikasi secara aktif dengan tetangga akan membuka ruang kognitif dalam diri manusia. Bagaimana kalau ngekos? Teman satu kos di kamar sebelah juga termasuk tetangga, lho.

Jalan-Jalan

Ini adalah pilihan yang costy, membutuhkan budget yang tidak sedikit untuk merealisasikan. Biasanya cara ini bekerja dengan baik untuk semua orang. Jalan-jalan memang sangat menjanjikan untuk merefresh kembali pikiran yang sudah buntu untuk melakukan sesuatu.

Nah, itulah tujuh cara yang saya lakukan jika sudah tidak bisa bertahan dengan semua kepenatan. Dari tujuh hal yang saya lakukan untuk menggali inspirasi ketika mandeg, mana yang paling ampuh buat kamu, guys?

Posting Komentar

0 Komentar