Kontrak Belajar; Hal-Hal Yang Harus Diingat dan Hapal

Sebelum mengikuti perkuliahan, setiap dosen tentu menyampaikan kontrak belajar di kelasnya masing-masing. Begitu pun dengan kelas saya. Selama kuliah berlangsung, ada aturan-aturan tertentu yang harus diikuti dan diharuskan menjadi perhatian utama.



Secara bahasa menurut KBBI, kontrak adalah perjanjian (secara tertulis) antara dua pihak dalam perdagangan, sewa menyewa, dan sebagainya. Kata dan sebagainya di kalimat tersebut boleh juga merujuk untuk kegiatan belajar mengajar. Setiap dosen tentu memiliki gaya dan kontrak belajar yang berbeda. Sebaiknya, kalian mengingat dan mencatat apa yang boleh dan tidak boleh di buku catatan khusus mata kuliah beliau.

Kontrak belajar adalah hal yang harus dipatuhi dengan dosen pengasuh mata kuliah.
[Photo: Pexels]

Adapun kontrak belajar yang harus diingat dan dihapal di setiap mata kuliah saya adalah sebagai berikut:

  1. Berpakaian Sopan, terutama untuk mahasiswa di kampus Perguruan Tinggi Islam (PTI). Jangan berpakaian ketat dan transparan untuk mahasiswi. Pakailah pakaian yang pantas seperti pakaian yang dibenarkan oleh aturan kampus. Untuk mahasiswa sangat dilarang memakai celana ponggol atau celana skinny yang memperlihatkan bentuk kaki seperti Lee Min Ho.
  2. Tepat Waktu, meskipun diberikan dispensasi 5-10 menit. Masuklah tepat waktu sesuai dengan jadwal yang dibagikan oleh akademik. Jika tidak memungkin masuk tepat waktu, beritahu dosen beberapa menit sebelumnya.
  3. Perhatikan Jam Kerja, seberapa penting apapun pertanyaanmu terhadap dosen, jangan sembarangan mengirim chat di luar jam kerja. Kalau pun kamu terpaksa mengirim chat, SMS, atau menghubungi dosenmu, jangan memaksa untuk mendapat balasan. Dosen pun memiliki privasi dan jam istirahat.
  4. Etika Komunikasi, perhatikan cara berkomunikasi dengan dosen. Terutama melalui media komunikasi seperti Whatapp, LINE, atau platform lain yang digunakan.
  5. Penilaian, bagian ini paling sensitif. Jangan pernah menuntut nilai A, tapi usahakan dan berusalah dan tunjukkan jika Anda berhak mendapatkan nilai A. Penilaian mutlak di kelas saya adalah sebagai berikut: Kehadiran wajib 75% atau tidak boleh alpa lebih dari tiga hari. Nilai kehadiran bobotnya 10% dari total nilai keseluruhan. Tugas berbobot 25% dengan persentase presentasi sebesar 5%, paper 5%, dan tugas 15%. Kemungkinan penugasan sebanyak 3x sepanjang semester untuk satu mata kuliah. Ujian Tengah Semester (UTS) atau Midterm berbobot sebanyak 25% dari total nilai. Ujian Akhir Semester (UAS) berbobot 40% dari total keseluruhan nilai.
  6. Tugas dikirimkan melalui email untuk menghemat kertas dan efesiensi waktu. Semua tugas dikirimkan ke email ulfakhairina2017@gmail.com dengan subjek: [Tugas] Nama Mahasiswa dan Mata Kuliah. Mohon memperhatikan etika mengirim tugas agar tidak kehilangan nilai karena file diabaikan.
  7. Simpan Ponselmu selama kuliah berlangsung. Jangan bermain ponsel selama kuliah berlangsung dan jika tidak dipersilahkan menggunakan ponsel.

Aturan ini berlaku untuk semua mata kuliah di bawah asuhan saya. Mohon memperhatikan kontrak belajar ini untuk kenyamanan belajar mengajar bersama.

Tertanda,

Ulfa Khairina, S.Sos.I, MA

Posting Komentar

0 Komentar