Tips Memulai Semester Baru

Dear pra mahasiswa/i oliversity,

Bagaimana kalian memulai hari di semester baru? Membosankan? Nggak cukup liburan?

So, bagaimana pun liburan kalian, tentunya terkesan sekali, bukan. Begitu pun dengan saya. Semester ini saya pindah homebase dari UIN Ar-Raniry ke STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh. Berjarak lima jam perjalanan darat dari ibu kota provinsi Aceh ke kota Teuku Umar ini. Tentunya ada banyak alasan mengapa saya hijra ke kota ini. Salah satunya adalah panggilan tugas dan akan menetap di sana at least  sepuluh tahun mendatang. Waktu yang lama, bukan?!

Well, selamat bertemu dan berkenalan dengan para mahasiswa baru dan lingkungan baru di pesisir barat Aceh. Tidak ada istilah selamat tinggal pula dengan tema-teman mahasiswa dan alumni di Kutaraja. Di manapun kita berada, kita tetap masih bisa berkomunikasi di era yang sangat cangih ini. Bagi saya, setiap hari adalah semester baru. Selalu semangat.

Persiapan yang matang akan memberikan semangat luar biasa
dalam menghadapi semester baru.
[Photo: Ulfa Khairina]

Ada yang kurang semangat? Jika iya, coba cek tips ala saya dalam memulai semester baru.

Cek Alat Tulis

Kelihatannya memang simpel. Percayalah teman-teman, semester baru tanpa alat tulis baru sama dengan omong kosong. Semangat kita memulai semester baru justru muncul ketika menemukan alat tulis baru. Meskipun hanya mampu mengganti sebatang pulpen. Yach, mengingat kita bukan anak sekolahan lagi yang selalu mengganti ATK setiap semester. Apalagi tahun ajaran baru.

Seragam Terbaik

Sudah tidak pakai seragam lagi? Pastikan jika pakaian yang akan digunakan di semester baru sudah tersetrika rapi. Rasanya tidak menyenangkan sekali jika di hari yang indah dalam memulai semester baru malah pakaian tidak tersetrika. Terutama bagi mereka yang bukan pengikut semester baru pakaian baru.

Jadwal Kuliah dan Dosen Favorit

Kelihatannya sih sederhana. Apalagi jika setiap semester ini memang makanan wajib. Isi Kartu Rencana Studi, dan lirik-lirik, apakah dosen yang menyenangkan semester lalu juga mengajar semester ini atau tidak. Nah, di sinilah kesempatan kita meningkatkan semangat. Cek jadwal mata kuliah, kalau-kalau mata kuliah yang paling kita tunggu ada di semester ini. Kemudian cek dosen pengasuhnya, kalau pun bukan dosen favorit, tentunya bukan subjeknya yang kita lihat, tetapi objeknya. Mata kuliahnya.

Pindah Kost?

Semakin jauh atau semakin dekat dengan kampus? Jika semakin dekat, pastikan jika kita sudah mengoptimalkan lokasi kampus dengan domisili. Misalnya memanfaatkan waktu luang yang biasanya kita gunakan untuk perjalanan pulang dengan istirahat. Jika biasanya setiba di kos langsung tepar, kali ini sudah bisa dimanfaatkan untuk hal-hal lain seperti membereskan kamar, baca buku, dan lain-lain.

Membuat Target

Sudah nggak zaman lagi hidup santai-santai. Kalah dengan anak sekolahan negeri seberang, prendz. Saatnya kita juga mulai mencontoh pola hidup mereka dengan cara membuat target semesteran. Harus ada! Harus bisa!

Sudah?

Mari kita mulai hidup yang lebih teratur untuk memulai semester baru. Jika ada yang mau ditanyakan seputar semester baru, bisa langsung meninggalkan komentar di kolom berikut, ya.

Posting Komentar

0 Komentar