Pentingnya Kerapian File dan Subjek Email Saat Mengirim Tugas

Dear Pelajar Oliversity,

Adakah di antara kalian yang merasa kesal jika dosen memberi arahan untuk mengisi nama file dan subjek email dengan cara tertentu? Rasanya kok kayak tidak diberi kebebasan, ya?!

Jika kalian merasakan hal yang sama, ketahuilah bahwa perintah untuk merapikan file dan subjek email tersebut memiliki tujuan khusus bersama. Bukan sekedar gaya-gayaan dosen agar terlihat keren di mata mahasiswanya. Lantas, apa tujuan khusus demi kepentingan bersama?




Kerapian dalam mempersiapkan tugas adalah kemudahan bersama.
Kita dan dosen kita.
[Photo: Ulfa Khairina]


Menghindari Twist

Twist?

Apaan ini? Ya, kekacauan. Ingatlah bahwa bukan kita saja seorang yang mengrimkan tugas kepada dosen tersebut. Dengan menulis data kita sepintas pada subjek dan file akan menghindarkan dari twist ini. Nah, untuk membantu yang kemulusan kinerja dosen, jangan menjadi twister dengan membuat sesuka hati kita.

Mempermudah Kinerja Dosen

Bukankah meringankan urusan orang lain, maka Tuhan akan mempermudah urusan kita juga? Jika Anda percaya dengan kutipan ini, maka berusahalah menjadi orang yang senantiasa meringankan urusan orang lain. Salah satunya dengan mengirimkan tugas yang sudah rapi. Ketika tugas yang terkirim sudah rapi, justru tidak ada kendala bagi dosen untuk mengotak atik tugas tersebut. Kerjanya pun jauh lebih mudah.

Ingat! Anda Bukan Satu-Satunya Mahasiswa

Jangan dulu berbicara berapa kelas yang diasuj oleh dosen A atau Z. Pikirkan di sekeliling Anda. Anda adalah satu dari 20 orang mahasiswa di unit Anda. Bayangkan berapa lama dosen Anda harus menghabiskan waktu untuk memeriksa tugas Anda. Jika tugas Anda sudah rapi, tidak ada kendala bagi dosen untuk memeriksanya. Tugas yang harusnya membutuhkan waktu 15 menit untuk dikoreksi bisa diselesaikan 10 menit saja. Jika tugasnya berantakan, dosen membutuhkan waktu ekstra lagi.

Semua Orang Suka Rapi

Ya, semua orang menyukai kerapian. Termasuk dosen Anda. Berusalah untuk rapi agar tugas Anda dicintai dan diberi penilaian baik oleh dosen Anda. Bukan saja saat ini, kerapian dalam bekerja akan memudahkan Anda untuk masuk ke dunia kerja.

Dosen Juga Manusia

Tidak selalu mood dosen dalam keadaan good. Ketika dosen Anda terlalu lelah, ia bisa sakit. Pernahkah terpikir jika kita bisa menjadi salah satu pemicunya?

So, let's start bagaimana menjadi mahasiswa yang rapi, baik, cerdas dan berkompeten di semua bidang. Termasuk etika dalam mengirim tugas.

Posting Komentar

0 Komentar