Tips Memilih Pakaian Lebaran Berdasarkan Buku Bacaan

 Assalamualaikum bestie study and travel.

Lebaran memang sudah hitungan jari, nih, meski tergolong masih lama. Akan tetapi, pasar-pasar terutama bagian yang menjual pakaian sudah mulai sesak. Mau beli online juga sudah mulai overload dan nyaris tak terkejar di bulan Ramadan ini. kalian tim beli dimana, bestie? Online atau offline?

Saya tipe orang yang tidak suka belanja berdesak-desakan. Apalagi sampai rebutan. Kehadiran e-commerce sangat menguntungkan buat saya. Jadi, tanpa harus berpindah bisa belanja dari rumah saja bahkan sambil rebahan atau menjelang tidur. Berbelanja online juga akan memberikan lebih banyak waktu untuk menimbang dan memilih jenis pakaian yang kita inginkan buat lebaran.

[Sumber: Akurat.co]

Biasanya gaya berpakaian itu juga mencerminkan karakter seseorang, lho. Termasuk untuk kalangan bookish yang memiliki selera bacaan berbeda-beda. Ternyata bisa-bisa aja kalau genre yang kita sukai tercermin dari jenis dan model pakaian yang kita sukai.

Abaya Untuk Novel Islami

Menurut Cabaca.id, novel Islami adalah novel dengan muatan konten Islam. Karakter utama dalam cerita biasanya seseorang yang menjalankan Islam dengan ketat atau perjalanan religius seseorang untuk menjadi muslim yang baik. termasuk di dalamnya novel dengan latar belakang pesantren atau cinta beda agama.

Suka membaca romance Islami? Nah, abaya adalah pilihan yang tepat. kebayang, dong gadis-gadis fiksi yang memakai abaya di cerita Islami favoritmu? Terbayang elegan dan sangat santun, kan?

Abaya adalah jenis pakaian yang memiliki ukuran panjang ke bawah asal Timur Tengah. Sering juga disebut dengan gamis Arab. Belakangan sudah mulai ditambahkan nama belakangnya berdasarkan negara seperti Abaya Turki, Abaya Tunisia, Abaya Mekkah, dan lain-lain. Padahal Turki bukan di Arab, tapi di Eropa.

Model abaya cenderung simpel dengan bentuk melebar, tidak memperlihatkan lekuk tubuh, nyaman dipakai untuk ukuran body berapapun. Tidak banyak pernak pernik untuk abaya. Cenderung minimalis. Kalaupun ada palingan memiliki detil bordir, manik-manik, atau layer. Umumnya abaya berwarna hitam dengan aksen tambahan warna emas di beberapa sisi.

Kaftan Untuk Nonfiksi

Menurut saduran dari Kompas.com, nofiksi adalah jenis karangan yang memuat fakta atau peristiwa yang memang pernah terjadi. Nonfiksi isinya bersifat faktual karena berasal dari fakta yang benar-benar terjadi dalam kehidupan.

jenis-jenis nonfiksi dapat dikatagorikan ke dalam artikel, jurnal ilmiah, biografi, dan berita. Menurut artikel yang disadur dari Gramedia, jenis nofiksi pada dasarnya terbagi dalam kelompok, yaitu nonfiksi nonfiksi murni dan nonfiksi kreatif. Penulisan nonfiksi murni dirangkai dan ditulis berdasarkan data yang benar-benar asli seperti jurnal ilmiah. Sedangkan nonfiksi kreatif karangan yang penggambarannya berdasarkan sebuah fakta dan data-data yang asli. Penyampaiannya saja yang berbeda.

model pakaian kaftan sangat cocok untuk pecinta nonfiksi. Kaftan merupakan model pakaian yang lebar dan longgar serta panjang. Ada banyak model kaftan yang dapat dijumpai di Indonesia seperti kaftan batik, kaftan kerut depan, dan kaftan dengan model khusus. Selain cocok untuk lebaran kaftan juga cocok digunakan untuk pernikahan, wisuda, akikah,  pengajian, dan lainnya.

Kaftan bisa digunakan oleh siapa saja tanpa memandang ukuran tubuh. Model kaftan yang lurus dan cenderung lebar akan menutupi bentuk tubuh dan membuat pemakainya terlihat anggun. Jenis bahan yang bagus untuk kaftan adalah kain sifon, satin, atau sutra yang dikenal berkualitas bagus dan menyerap keringat. Jadi, akan nyaman dipakai dalam kondisi apapun.

Gamis Untuk Nonfiksi Islami

Bagi yang suka membaca buku-buku nonfiksi Islami untuk menambah pengetahuan dan menjadi bacaan utama dalam hidup, gamis adalah pilihan yang tepat untuk menggambarkan karaktermu. Gamis merupakan busana muslimah yang memiliki berbagai model dan menutupi tubuh dari leher hingga kaki. Gamis juga hadir dalam berbagai jenis dan motif. Beberapa jenis gamis yang dapat direkomendasikan yaitu gamis ruffle, cape, peplum, layering, ikat, dan gamis berbentuk lomceng.

Gamis nggak Cuma bisa dipakai saat lebaran, ia seringkali menjadi daily outfit untuk berbagai kegiatan seperti arisan, pernikahan, dan nongkrong. Saah satu tips agar gamis terlihat bagus saat dipakai adalah dengan memilih gamis yang sesuai dengan ukuran. Tidak membentuk lekuk tubuh, tapi tidak kebesaran.

Tunik dan Midi Dress Untuk Teenlit dan Buku Anak

Bagi remaja atau penyuka cerita yang terkait seputar remaja dan masalahnya, tunik adalah pilihan yang tepat untuk lebaran. Tidak mesti usia remaja, bagi wanita yang memiliki jiwa dan semangat muda, tunik juga cocok dipakai untuk lebaran.

Jenis ini populer digunakan oleh siapa saja, mulai dari remaja hingga dewasa. Ia juga memiliki sejarah tersendiri, lho. Tunik berasal dari Romawi Kuno dan Yunani. Tunik memiliki ciri tampak longgar dan sedikit lebar, menutupi bagian atas tubuh, umumnya panjan sampai lutut, paha, hingga betis. Jenis tunik ada yang bermotif dan polos. Tidak ada batasan bahan dalam pembuatannya. Ada beberapa jenis tunik yang dapat kita jumpai di pasar seperti tunik polos, tunik vest, tunik asimetris, tunik batik, tunik abaya, tunik dress, dan tunik motif.

Sepintas midi dress mirip tunik, tapi bukan tunik. Model midi dress lebih panjang dari tunik. Panjang tunik hanya sampai lutut, midi dress panjangnya sampai paha atau mata kaki. Midi dress bisa digunakan dengan rok atau celana untuk menciptakan penampilan lebih elegan dan manis.

Baju Lebaran Couple Untuk Pembaca Romance

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), romansa adalah novel atau kisah prosa lainnya yang berciri khas tindakan kepahlawanan, kehebatan, dan kehebatan dan kermantisan dengan latar histori atau imajiner. Sementara menurut penerbit Dee Publisher, novel romance atau romansa adalah novel yang menceritakan tentang kisah cinta dan kasih sayang yang terjalin  antara tokoh-tokoh di dalamnya.

Baju lebaran couple  pilihan tepat untuk pembaca novel romance. apalagi kalau sudah punya pasangan, ya. Baju lebaran jenis ini pilihan untuk pasangan agar tampak serasi. Desain pakaian couple bisa disesuaikan satu sama lain. Baik motif, warna, atau gabungan keduanya. Penampilan samaan dengan pasangan akan memberikan kesan romantis, harmonis, dan ceria.

Baju Lebaran Keluarga Untuk Horor, Thriller, dan Misteri

Novel horor memiliki cerita yang menegangkan, seram, dan pembaca ketakutan. Sedangkan novel misteri memiliki cerita yang rumit dan menengangkan dari awal sampai akhir cerita. Sementara itu, novel thriller mencakup cerita tentang pembunuhan, misteri, detektif, suspense, horor, supranatural, spionase, kriminal, perang, petualangan, dan tema sejenisnya. Untuk penggemar ketiga genre in biasanya mereka adalah tipe orang-orang pemberani dan mandariri. Jadi, momen lebaran benar-benar momen penting yang digunakan untuk berkumpul bersama kelurga, karena biasanya mereka tipe petualang yang jarang di rumah.

[Photo: Tabloid Nova]

Pilihan yang cocok untuk pecinta genre ini adalah baju lebaran keluarga. Busana yang memiliki motif atau sama dengan anggota keluarga lainnya cocok digunakan oleh penggemar cerita horor, thriller, atau misteri. Karena kesan yang ditampilkan oleh baju seragaman seperti ini adalah memperlihatkan kekompakan dengan keluarga.

One Set Untuk Buku Klasik

Novel klasik mengacu pada kasya sastra yang dianggap penting dan berpengaruh terhadap dunia kesustraan. Novel klasik diakui secara luas eksistensinya. Simpelnya jenis pakaian one se dan diakui juga timeless secara luas salah satu ciri kalau  kalau one set sangat cocok untuk pecinta buku klasik.

Atasan dan bawahan pakaiannya senada, ini disebut one set. Pakaian praktis ini cocok untuk yang menyukai sesuatu yang sederhana dan nggak ribet. Tanpa perlu mix and match, one set langsung bisa ngeset dengan penampilan kita.

Lace Dress Untuk Historical Fiction

Fiksi sejarah adalah sebuah genre dalam kesustraan yang alurnya terjadi di masa lampau. Semuanya terkait dengan riset yang berkaitan dengan sejarah dan menampilkan setting sesungguhnya hanya masanya saja yang berbeda. berbicara tentang sejarah, tentu berbicara tentang kesan mewah dan menderita juga. untuk penyuka fiksi sejarah, lace dress pilihan yang tepat untuk lebaran.

Seperti namanya, lace dress  jenis dress yang terbuat dari bahan lace sehingga memberikan kesan mewah saat dikenakan. Untuk pecinta tampilan feminim, pilihan ini sangat cocok. Bisa digunakan untuk acara formal juga. pastikan untuk memilih lace dress yang lembut dan full furing, karena bahan lace dress memang tidak diciptakan untuk tampil anti ribet.

Outer Untuk Science Fiction

Fiksi ilmiah adalah bentuk fiksi spekulatif yang membahas pengaruh sains dan teknologi yang diimajinasikan untuk masyarakat dan individual. Fiksi ilmiah konon katanya fiksi yang tampilannya berbeda dengan genre fiksi lainnya.

Ingin tampil berbeda, outer memang solusinya. Outer adalah luaran pakaian yang memberikan kesan elegan bagi penggunnya. Untuk lebaran kita bisa memilih panjang yang standar atau menyentuh mata kaki. Pastikan untuk memilih bahan yang lembut dan nyaman juga, ya. Berhubung panas di Indonesia sedang galak-galaknya.

Untuk lebaran bisa memilih outer dari bahan silk untuk memberikan kesan mewah dan elegan. Selain itu, bisa digunakan setelah lebaran sebagai outfit di acara formal lainnya.

Long Vest Untuk Fantasi

 Bergenre fantasi adalah novel dengan jalan ceritanya berhbungan dengan tempat, kejadian, hingga memunculkan makhluk khayalan yang tidak nyata. Cerita fantasi kerap digambarkan dengan jenis pakaian yang bertumpuk dan sedikit ribet. Tapi untuk penyuka cerita fantasi, pilihan long vest untuk lebaran sudah oke, sih.

Long vest merupakan jenis luaran atau outer tanpa lengan yang panjangnya hingga di bawah lutut. long vest  akan cakep dan elegan kalau padu padannya tepat. pilihan dress, setelan rok, atau celana dan blouse cukup bagus untuk dicoba. Sambil baca buku fantasi favoritmu, kita berasa masuk kisah fantasi yang kadang-kadang nggak masuk akal nggak, sih?

Batik Untuk Sastra

Sastra yang dimaksud di sini adalah golongan buku yang bentuknya prosa panjang dengan fokus pengembangan karakter dan mengandung rangkaian cerita tentang orang-orang di sekelilingnya. Biasanya novel sastra di Indonesia selalu memfokuskan dan menyentil ciri khas kedaerahan sebagai unsur utama dalam alur dan settingnya. Jenis pakaian yang sangat Indonesia, sudah pasti batik ya.

Batik merupakan kain tradisional Indonesia yang dapat digunakan sebagai material bahan pakaian. Mulai dari kemeja hingga dress, batik bagus-bagus saja untuk dikombinasikan. Batik akan terlihat elegan, nasionalis, dan sekaligus merakyat dan berkelas.

Nah, kalau kamu punya lebih dari satu genre favorit, bisa banget membeli beberapa jenis pakaian yang bisa kamu kenakan di hari raya tahun ini, bestie. Kamu suka yang mana?

Posting Komentar

0 Komentar