5 Kue Lebaran Buronan Setiap Tahun

 

Assalamualaikum bestie study and travel!

Setelah menjelajah ke setiap kota dan dari rumah ke rumah, apa yang paling menarik untukmu di hari lebaran? Saya sendiri menilai bahwa tiap daerah punya kue khas lebaran yang berbeda-beda. Lain kota, lain pula khasnya. Bahkan ada yang kudapan tersebut hanya tersedia hanya di kota tertentu saja.

Sementara itu, selain kue khas lebaran daerah yang tidak dimiliki oleh semua daerah, ada pula yang ikonik dan melegenda seluruh Indonesia. Bahkan dia akan menjadi buronan tamu meski di rumah sendiri juga tersedia camilan ini. Apa saja, ya?

Nastar

Siapa yang nggak kenal nastar? Camilan ini memang paling diminati oleh seluruh handai taulan di Indonesia. Bisa dipastikan, setoples nastar bisa habis sekali duduk tanpa jeda. Apalagi yang nastar lumer, ya. Meskipun nastar tanpa isian, tetap saja enak dinikmati. Nastar ini termasuk kue lebaran yang isiannya nggak Cuma selai nenas. Ada juga yang mengisinya dengan keju, selai stroberi, atau coklat. Nastar ini bentuknya macam-macam, walaupun yang paling popular bentuknya bulat kecil dengan olesan telur dan taburan keju di bagian atas.


Kue nastar
[Photo: Search by Google]

Putri Salju

Namanya sih putri salju, tapi bentuknya bulan sabit. Dimana letak putrinya masih menjadi misteri. Kue ini sama dengan nastar, paling diburon selama hari raya. Bentuknya yang kecil mungil bisa sekali hap masuk mulut, lumer, dan manis. Rasa manisnya berasal dari tepung gula yang ditabur dalam keping-keping bulan sabit menyerupai salju yang menutupi setiap sudut kota.

Kue Semprit

Namanya bisa kepeleset jadi kue ifrid, tapi ini sama sekali dua makhluk yang berbeda. Kue semprit adalah kue yang jadi idol juga di saat lebaran. Bentuknya seperti bunga dengan choco chip di Tengah. Ia termasuk golongan kue mentega yang akan menjadi buronan di tiap lebaran. Bisa dipastikan kue ini akan menjadi favorit banyak orang selama lebaran. Setiap rumah pasti akan menyediakan kue semprit.

Lidah Kucing

Ini kue yang bentuknya unik, tapi bentuknya sangat sederhana. Bentuknya panjang memanjang, rasanya manis-manis dengan tekstur renyah. Proses pembuatannya dengan pemanggangan di oven. Penyusunannya di dalam toples sangat menggoda sekali untuk dicicip. Lidah kucing termasuk kue legend dan ikonik seluruh Indonesia. Enak banget dinikmati dengan secangkir kopi atau the tawar.


Kue lidah kucing
[Photo: Search by Google]


Kue Kacang

Ada beberapa jenis kue kacang, tapi ini bukan kacang asin yang sudah dikelupas kulitnya dan digoreng dengan sedikit rempah, lho. Kue kacang ini termasuk kukis yang disediakan di toples-toples hari raya seluruh Indonesia. Bahannya mengandung kacang yang sudah ditumbuk kasar dan diadon serta dibentuk seperti lingkaran pipih sebelum dipanggang di oven. Kue kacang termasuk camilan yang banyak dijumpai di setiap rumah seluruh Indonesia.

Semua kue ini memang sangat ikonik di seluruh Indonesia. Sampai sekarang masih diminati antar generasi. Ia akan menjadi burunan baik untuk dinikmati maupun untuk ide jualan.

Kue-kue lebaran tersebut memang membutuhkan waktu dan kesabaran untuk mempersiapkannya. Jadi, jika kita bukan tipikal yang sabar banget duduk di dapur dan bolak balik di depan oven, sepertinya akan susah sekali menciptakan camilan yang enak dan renyah. Membuat mereka membutuhkan kesabaran Tingkat tinggi.

Jangan khawatir. Meskipun bukan termasuk yang hobi di depan oven, kue-kue lebaran ikonik ini bisa diburon di toko-toko kue terdekat, kok. Ada yang harganya kualitas homemade ada pula yang kualitas kue kiloan di kaki lima. Kita tinggal memilih untuk dibawa pulang.

Posting Komentar

0 Komentar