Have A Crush On You, Cinta Lama Pasangan Dokter Bedah Saraf Yang Bersemi Kembali

 Ruan Liuzheng mendapat tugas ke Afrika dari RS dia ditugaskan. Dia akan pergi ke Dahl Chinese Hospital dan dijemput oleh seorang staf rumah sakit. Di perjalanan, terjadi baku tembak yang menyebabkan supirnya tertembak. Liuzheng menolong supir itu dengan melakukan operasi kecil secara darurat. Sialnya, sebelum operasi selesai dia malah ditangkap oleh pemberontak.

Liuzheng diculik dan disandera. Informasi ini sampai ke telinga Ning Zhiqian, dokter paling hebat dan paling berkuasa di Dahl Chinese Hospital. Ya, iyalah.. Itu rumah sakit yang dibangun oleh ibunya semasa hidup.

Ning Zhiqian melamar Ruan Liuzheng di malam pentas hiburan RS Beiya
[Photo: mydramalist.com]

Saat mendengar tamu mereka dari China disandera, Zhiqian tentu kaget. Akan tetapi dia lebih kaget saat mendengar Ruan Liuzheng adalah dokter yang diutus oleh China ke rumah sakit itu. Tanpa mengutus orang lain dia langsung mengemudi ke sarang pemberontak untuk menyelamatkan Liuzheng.

Dasar pemberontak, mereka memang kurang suka jiwa-jiwa sok pahlawan seperti Zhiqian. Kalau cuma menyelamatkan rekan kerja, dia tidak bisa menerima alasan klise dan sok pahlawan Zhiqian ini.

Akhirnya Zhiqian menjawab, "she is my wife."

Jawaban ini sangat membuat pemberontak terpesona. To sweet to refuse lah. Pemberontak melepaskan Liuzheng. Keduanya saling bertatapan lama dan sama-sama terkejut begitu melihat siapa yang ada di depannya.

Zhiqian di masa muda berbeda dengan yang sekarang. Begitupun dengan Liuzheng yang berubah tiga ratus enam puluh derjat. Benar-benar sosok yang berbeda. Yach, tapi Zhiqian tetaplah Zhiqian. Seperti di masa lalu, dia tetap dingin dengan kalimat menyakitkan yang bisa terlontar kapan saja dia mau.

Di rumah sakit, Zhiqian memimpin dengan berbagai perintahnya. Dia suka menyuruh ini dan itu pada Liuzheng sebagai rekan kerja. Sementara Liuzheng juga tetap mengikuti perintah Zhiqian selayaknya atasan. Sikap mereka cukup profesional sebagai dokter tanpa melibatkan masa lalu.

Dr. Ding dan Dr. Cheng saat bersama.
[Photo: mydramalist.com]

By the way, mereka sudah bercerai selama 6 tahun lamanya. Makanya sikap Liuzheng sedingin es dan seolah mereka nggak pernah bertemu sebelumnya. Zhiqian yang cuek juga nggak kepo-kepo amat ingin tahu bagaimana hidup Liuzheng selama 6 tahun tanpanya.

Zhiqian ini cukup realistis. Melihat Liuzheng yang semakin cantik, berbakat, dan berani saja dia sudah tahu bagaimana Liuzheng melewati harinya tanpa dia. Satu hal yang masih membuat Liuzheng agak kaget, dia belum bisa beradaptasi dengan situasi Dahl yang sangat tertinggal. Jadi dia masih mandi ala-ala di apartemen mewah Cina. Begitu air mati, dia panik karena belum selesai keramas.

Ini juga menjadi kesempatan Zhiqian untuk alasan berbincang dengan Liuzheng. Meskipun Liuzheng malas banget melayani mantan suami egois. Etapi, di sini kita jadi tahu kalau Zhiqian orangnya nggak secuek yang dipikirkan oleh Liuzheng atau di masa lalu. Dia cukup peduli, sama seperti ketika awal Liuzheng dan Zhiqian bertemu di Fakultas Kedokteran bertahun-tahun silam.

Zhiqian sempat panik ketika Liuzheng sedang menikmati mandi di danau dan diajak ngomong, eh Liuzheng nggak menjawab. Zhiqian pikir Liuzheng tenggelam atau diseret buaya, padahal Liuzheng sedang pewe banget di dalam air.

Ketika kembali ke China, Liuzheng ternyata diterima magang di Beiya Hospital. Di rumah sakit ini Zhiqian sangat berpengaruh. Posisinya adalah wakil direktur rumah sakit. Usianya masih 34 tahun tapi sudah mendapat gelar profesor. Jabatan pun sangat strategis.

Selain Liuzheng, ada  Ding Yi Yuan yang juga berstatus dokter magang di Beiya Hospital. Ning Zhiqian memilih Liuzheng sebagai anak didiknya. Ini membuat Yiyuan kesal sekali, bagaimana pun dia sangat penasaran kepada Zhiqian yang sangat dikagumi banyak orang. Dia bahkan terobsesi pada Zhiqian yang tampan dan tidak gampang ditaklukkan.

Kehidupan dr. Cheng yang sebenarnya.
[Photo: mydramalist.com]


Sikap Liuzheng dan Zhiqian masih biasa saja. Hubungan mereka tidak lebih sebagai rekan kerja. Namun seperti kebanyakan perempuan lainnya, tiap sudut dan tempat di Beiya Hospital juga memiliki cerita dari masa lalu mereka. Tepatnya ketika Liuzheng dan Zhiqian masih berstatus suami istri.

Zhiqian sih awalnya biasa saja. Meski dia merasa ada yang berbeda dengan hatinya, dia belum sepenuhnya menyadari sampai akhirnya ada kasus di rumah sakit dan harus melibatkan kuasa hukum. Liuzheng yang terlalu baik terkadang cenderung ikut campur. Terjadilah perkelahian antara dia dan pasien sampai akhirnya dia mencari pengacara bernama Xue Weilin.

Xue Weilin adalah pengacara terkenal dengan tarif tinggi. Dia anak teman ayah Liuzheng. Pertama bertemu saja, Weilin ini sudah jatuh cinta pada Liuzheng yang cantik. Meski berkulit lebih gelap, Weilin ini punya pesona tersendiri, kok. Tampan dan berwibawa.

Mereka akhirnya sering bertemu dengan alasan membahas kasus. Si Zhiqian ini jelas kesal lah. Apalagi setelah mendapat informasi dari abangnya yang juga pengacara, ternyata Weilin kandidat kuat yang bisa menyingkirkan Zhiqian secara tuntas dari hati Liuzheng.

Liuzheng sadar sekali kalau Zhiqian belum benar-benar hilang dari hatinya. Dia cukup kesal saat tahu Zhiqian punya anak laki-laki berusia 7 tahun. Apalagi Liuzheng sampai diperintahkan untuk menjemput anaknya ke sekolah. Mereka baru bercerai 6 tahun, sedangkan si anak sudah berusia 7 tahun. Hmm, apalagi kalau bukan selingkuh?

Semua tuduhan itu tidak dijawab oleh Zhiqian. Dia memilih diam. Justru Liuzheng mendapat jawaban dari sahabatnya, Tan Ya. Dari Tan Ya, Liuzheng akhirnya tahu kalau Ning Xiang anak angkat yang dipungut oleh Zhiqian di rumah sakit. Saat usianya baru beberapa bulan, Ning Xiang mengalami kelainan otak dan itu tumor. Zhiqian sendiri yang melakukan operasinya. Karena kasihan, dia membawa pulang dan merawat Ning Xiang seperti anak sendiri.

Kehadiran Ning Xiang sebenarnya menjadi jembatan untuk hubungan Liuzheng dan Zhiqian. Ning Xiang yang menginginkan sosok ibu terus menerus menempel dan memaksa Liuzheng untuk ada di sisi Zhiqian. Rasa yang dia kubur dalam akhirnya muncul kembali. Apalagi nih, kode kunci rumah belum diganti. Posisi perabot rumah juga tidak berubah. Satu-satunya yang berbeda hanya kamar Ning Xiang.

Pesan romantis Ruan Liuzheng.
[Photo: mydramalist.com]


Setiap Liuzheng ke rumah Zhiqian selalu terkenang akan masa lalu. Awal mula dia masuk ke rumah itu sampai dia keluar dari rumah Zhiqian saat memutuskan bercerai. Di sini kita bisa menyimpulkan kalau Zhiqian ini tipikal setia, tapi tidak bisa mengungkapkan perasaannya.

Perasaan mereka benar-benar dipertimbangkan lagi setelah Ning Xiang dijemput oleh ibu kandungnya. Zhiqian dan Liuzheng berusaha membangun perasaan masa lalu yang tertunda. Sayangnya, begitu mereka bersama justru Zhiqian ini balik ke pengaturan 6 tahun lalu. Cuek dan kurang menghargai usaha Liuzheng. Kalau Liuzheng masak, dia bilang nggak usah. Cuma buang waktu dan mereka bisa makan di luar. Kalau Liuzheng punya inisiatif apa, dia juga menolak dengan alasan nggak penting.

Sikap Zhiqian yang asli muncul lagi. Liuzheng kesal sekali. Bahkan mengajak menikah pun tanpa lamaran. Mana mau Liuzheng, sudah di masa lalu dia yang nembak. Masa iya sekarang pun dia yang bucin? Setelah diskusi yang panjang dengan rekannya, Zhiqian akhirnya menyewa EO untuk lamaran di bioskop.

Liuzheng senang, dong. Lamarannya romantis. Apalagi cewek kan paling senang diberikan something sweet begitu. Mereka juga tinggal bersama sebelum mendaftarkan pernikahan. Sialnya lagi, Liuzheng malah melihat proposal untuk lamaran di bioskop itu. Lengkap dengan biaya dan skrip yang dikirim EO untuk Zhiqian.

Liuzheng marah sekali. Dia menganggap Zhiqian nggak serius melamarnya, tapi terpaksa karena didesak oleh Liuzheng. Tentu saja dia nggak mau cerita masa lalu akan terulang lagi. Dia pulang dan tidur. Ternyata dia malah demam tinggi.

Di hari mereka mendaftar pernikahan, Zhiqian menunggu di depan kantor catatan sipil sampai kantornya tutup. Zhiqian marah dan menyusul Liuzheng ke rumah. Dia marah pada Liuzheng sebelum mendengar penjelasan calon istrinya. Liuzheng kesal dan sedih. Dia memutuskan hubungan mereka. Saat itu, Weilin melihat kejadian itu dan justru merasa kasihan.

Weilin ini memang suka banget sama Liuzheng, tapi berulang kali mendekati Liuzheng hasilnya tidak ada peningkatan. Sikap Liuzheng terhadap Zhiqian menunjukkan jelas kalau Liuzheng memang masih memiliki rasa pada Zhiqian. Dia memilih mundur dan membantu Liuzheng.

Kehadiran Weilin selama mereka putus cukup membantu untuk hubungan Liuzheng dan Zhiqian. Apalagi sejak Ning Xiang berpihak pada Weilin. Zhiqian semakin tersudut dan terkalahkan. Liuzheng pun sengaja cuek dan berubah seolah memilih Weilin. Bagian ini kocak, sih. Dua lelaki dewasa akan berubah kekanakan ketika berhadapan dengan perkara cinta.

Liuzheng berharap Zhiqian menerimanya kembali dan memulai dari awal. Sayangnya, Zhiqian memutuskan untuk berpisah permanen setelah sebuah kasus menyandungnya. Zhiqian dituduh menerima suap, padahal itu dilakukan oleh adik Liuzheng. Demi menjaga nama baik Liuzheng, Zhiqian menghadapi masalah itu sendiri.

Hubungan keduanya membaik, apalagi saat ayah Liuzheng sakit kanker hati dan tidak bisa ditolong lagi. Mereka sepakat memperbaiki hubungan. Bukan karena ayah Liuzheng, tapi memang karena masih sama-sama cinta. Sayangnya, pandemi melanda dan pernikahan mereka ditunda.

Setelah pandemi mereka kembali ke Afrika. Di Afrika sesuatu terjadi. Zhiqian hampir mati karena ledakan granat. Liuzheng yang melakukan operasi pada Zhiqian. Zhiqian menghilang hampir satu tahun, Liuzheng berubah jadi manusia tanpa jiwa. Saat dia kembali ke China, dia bertemu dengan salah satu pasiennya di pernikahan rekan kerjanya. Saat itu dia terpikir untuk kembali ke Afrika.

Di Afrika, dia bertemu Zhiqian yang lupa ingatan. Zhiqian yang dia temui sosok yang sangat berbeda dengan Zhiqian sebelumnya. Dia berusaha mati-matian untuk mengembalikan ingatan Zhiqian tentang dirinya dan semua kenangan baik tentang mereka. Akhirnya Zhiqian memang ingat Liuzheng, sih.

Second Lead Couple Yang Menggemaskan

Setiap drama memang ada secondead yang membuat hati ketar ketir atau malah nyindrom di hati penonton. Have A Crush On You menghadirkan pasangan second lead yang membuat kita terhibur banget.

Ding Yiyuan dan Cheng Zhou Yu awalnya musuh bebuyutan. Yiyuan yang sok hebat dan merasa hebat sulit mengakui kelebihan Zhou Yu yang hanya satu tingkat di bawah Zhiqian. Dia tetap mengandalkan Zhiqian, apalagi si Zhiqian ini memang crush-nya Yiyuan.

Bagi Zhouyu, Yiyuan nggak lebih sebagai anak manja yang arogan dan mengandalkan kekuatan jabatan ayahnya sebagai kepala rumah sakit. Saking kesalnya dia pada tindakan nepotisme di lingkungan rumah sakit, dia sampai mengirim surat kaleng daring untuk direktur Ding, ayah Yiyuan.

Pernikahan dr. Ding dan dr. Cheng
[Photo: mydramalist.com]


Saat salah seorang penari yang divonis memiliki kesempatan hidup kecil harus dioperasi di Beiya Hospital, dia melihat sendiri seperti apa sisi lain Yiyuan. Ternyata Yiyuan yang arogan ini punya sisi hangat yang membuat orang lain menyukainya. Saat itu Zhouyu punya kesan lain untuk Yiyuan. Dia malah diam-diam memotret Yiyuan.

Zhouyu juga menemani Yiyuan ke klub saat cewek itu patah hati karena ditolak Zhiqian. Dia menasehati Yiyuan kalau rasa yang dia miliki saat ini bukanlah perasaan suka atau cinta, tapi obsesi untuk mengalahkan Zhiqian sebagai dokter yang terhebat di Beiya Hospital. Awalnya Yiyuan menolak, tapi setelah dia berhasil menolong pasien darurat di klub dengan alat seadanya, dia mengakui dirinya memang terobsesi pada Zhiqian.

Keduanya akhirnya dekat. Yiyuan yang arogan berubah melembut, tapi justru keluarga Ding ini bukan keluarga sembarangan yang mudah dimasuki oleh Zhouyu. Zhouyu ini berbeda dengan Zhiqian yang memiliki ibu dokter. Zhouyu justru anak seorang pemilik restoran kecil yang dianggap rendahan oleh keluarga Yiyuan. Kasihan banget, kan? Biasalah ya, kehidupan orkay pada drama China kebanyakan. Sulit menerima orang lain yang tidak sederajat status sosialnya.

Zhouyu mati-matian memperjuangkan hubungan mereka. Dia bahkan nekat menerima pasien sekarat yang merupakan atlet nasional. Dia lelah juga dibanding-bandingkan dengan Zhiqian yang terlalu hebat. Dia malah berniat kalau operasi berhasil, dia akan menikahi Yiyuan. Nyatanya Zhouyu gagal, bestie!.

Kebayang bagaimana lelah dan stresnya dia. Apalagi forum di rumah sakit meminta hukuman untuk Zhouyu. Padahal Zhouyu salah apa coba? Dia tidak pernah meminta kematian orang. Dia juga manusia, nyawa nggak di tangan dia, kan? Yiyuan saja yang mendukung tidak cukup. Malahan dia memutuskan hubungan dengan Zhouyu.

Satu-satunya orang di Beiya Hospital yang mendukung Zhouyu adalah ayah Yiyuan. Begh, di scene ini benar-benar menggetarkan jiwa raga. Dibela camer, lho.

Saat Zhouyu dan Yiyuan putus ini tidak nyesek, sih. Malah jatuhnya jadi lucu. Yiyuan menangis dan patah hati. Seorang Yiyuan yang arogan, lho. Tetiba bisa hancur banget karena patah hati.

Pada akhirnya mereka memang menikah. Tepat saat Liuzheng terpuruk kehilangan Zhiqian. Ini bagian paling nyez, sih. Berasa banget empati persahabatan mereka. Keduanya nggak berani ngasih undangan pada Liuzheng takut sahabat mereka sedih. Yach, namanya juga Liuzheng, sesedih apapun dia tetap saja datang ke pesta pernikahan Zhouyu dan Yiyuan.

Alur Campuran Kehidupan Liuzheng dan Zhiqian

Drama ini alurnya campuran. Setting-nya tahun 2013 dan sekarang. Sekarang yang dimaksud adalah tahun 2018-2019 gitu, karena ada scene yang menyebutkan pandemi. Waktu itu Liuzheng dan Zhiqian menunda pernikahan karena pandemi.

Setiap scene masa kini akan diikuti dengan latar tahun 2013an, masa-masa dimana Liuzheng masih mahasiswa dan mengejar-ngejar Zhiqian. Waktu itu juga digambarkan Liuzheng yang ceria super bucin terhadap Zhiqian yang kaku dan menjadikan Liuzheng pelarian.

Iya, pelarian! Karena Zhiqian sebenarnya sudah bertunangan dan bersiap menikah dengan seorang mahasiswa seni. Sayangnya Zhiqian yang keren dicampakkan karena dianggap nggak satu frekwensi pola pikirnya. Sekeren Zhiqian dicampakkan. Bagaimana kalau nggak keren, ya?

dr. Ning Zhiqian, dokter bedah saraf terbaik di RS Beiya
[Photo: mydramalist.com]


Di awal-awal cerita kita memang dibuat buruk sangka terus dengan Zhiqian. Kita juga dibuat senyam senyum terus dengan kelakuan Liuzheng. Semanis itu drama ini.

Alur campuran yang dipilih pada drama Have A Crush On You ini justru memberi gambaran yang bagus untuk plot cerita. Suka duka, asal mula, dan jawaban dari teka teki terjawab sudah. Bahkan konflik yang memang agak-agak mainstream nggak berasa biasa saja dengan alur ini.

Aktor dan Aktris Pilihan

Aktor dan aktris yang dipilih memerankan Have A Crush On You memang bukan deretan seleb yang biasa saya tonton. Akan tetapi saya pernah bertemu dengan mereka sebagai pemeran utama di drama lain.

Saya pernah bertemu Liu Rui Lin (Cheng Zhouyu) di drama Miss Crow With Mr. Lizard (2021). Di drama ini Liu Rui Lin berperan sebagai pengacara dan karakter yang dimainkan lebih kurang punya kesamaan.

Di drama The Legends (2019), saya pernah melihat akting Li Ze Feng (Xue Weilin) yang sama sekali berbeda dengan drama Have A Crush On You. Dalam drama The Legends, Li Zefeng memerankan orang suci bernama Qin Qian Xian. Dia ketua sekte  Qian Chen yang terkenal dengan kemurnian dan keabadian darahnya.

Sedangkan Wang Churan (Ruan Liuzheng) pernah terlihat di Royal Feast (2022). Pada drama Royal Feast, karakter yang diperankan oleh Wang Churan benar-benar berbeda. Sangat bertolak belakang dengan Ruan Liuzheng. Namun setelah menonton drama Have A Crush On You, Wang Churan masuk ke jajaran aktris yang saya sukai selain Tan Songyun, Bai Lu, Ju Jing Yi, dan Wu Jiayi.

Peng Guan Ying (Ning Zhiqian) benar-benar sosok yang baru bagi saya. Kekuatan aktingnya juga luar biasa. Penjiwaannya matang dan tidak main-main. Dia berhasil memerankan sosok yang dominan terhadap Liuzheng. Lelaki kelahiran 1986 ini benar-benar menunjukkan sosok yang matang dalam drama Have A Crush On You (Naksir Kamu).

The Reason To Watch

Sejujurnya saya nggak pernah ada niatan untuk nonton dracin Have a Crush On You. Alasannya standar saja, ini drama tidak masuk dalam daftar aktris dan aktor yang saya tracking karyanya. Tik Tok mempertemukan saya dengan drama ini.

Waktu itu ada salah satu cuplikan penderitaan Liuzheng dengan caption yang lumayan gimmick. Katanya, gadis baik hati disakiti oleh dokter kejam. Video yang dipilih juga sangat pas dengan caption. Liuzheng memasak, lalu Zhiqian membuang makanan yang dibekalkan oleh Liuzheng ke tong sampah di depan apartemen. Saat itu Liuzheng melihat dan sedih banget.

Terdorong rasa penasaran, akhirnya saya memutuskan menonton drama ini di jalur ilegal. Nonton di Telegram dengan subtitle Bahasa Indonesia. Terlepas dari cara nontonnya, Have A Crush On You sangat rekomendasi untuk para pecinta dracin manis bucin. Aktor dan aktrisnya cakep dan endingnya sesuai harapan.

Saya suka kisah cinta mereka tidak melibatkan palakor atau pebinor. Meski Xue Weilin terlihat effort banget buat mendapatkan Liuzheng, tapi dia nggak merusak hubungan orang lain. Dia malah membantu mendekatkan mereka dengan caranya.

Selain dikenal dengan judul Have A Crush On You, dracin ini juga dikenal dengan judul Dear Doctor dan Love Heals. Dalam bahasa mandarin judulnya 说你喜欢我 (ting shuo ni xi huan wo). Judul ini juga kalimat yang diungkapkan oleh Zhiqian di Afrika saat ingatannya tentang Liuzheng mulai kembali.

dr. Ruan Liuzheng. [Photo: mydramalist.com]

亲爱的医生 (qin ai de yi sheng) juga judul mandarin yang dikenal. Judul ini lebih mencakup hubungan cinta keempat tokoh utama yang dominan, sih. Ada Liuzheng-Zhiqian dan Zhouyu-Yiyuan.

Sebagai penulis naskah, Wang Jie dan Zhang Chu Yu memang tergolong sukses untuk drama Have A Crush On You. Halaman mydramalist mencatat rating 7.6 dari 1228 users yang memberi vote. Di mydramalist, rating 7 itu sudah bagus banget, lho.

Have A Crush On You berasal dari China daratan. Total episodenya 36 episode dengan masing-masing durasi tayang 45 menit. Ini juga termasuk drama yang sangat baru karena baru rilis tayang pada 10 Februari 2023. Selain di Telegram, bisa ditonton legal di WeTV, kok.

Have A Crush On You termasuk dracin yang recommended untuk ditonton, kok. Terutama yang suka drama romantis dan bucin abis sampai diabetes. Tentu saja, pastikan kamu punya stok sabar yang cukup untuk maju mundur alurnya.

Posting Komentar

0 Komentar