Model Analisis Framing Populer Dalam Analisa Berita

 Analisis framing adalah salah satu metode analisis media, seperti halnya analisis isi dan analisis semiotik. Penggunaan analisis framing cukup populer di kalangan peneliti yang mengkaji isi pemberitaan. Dalam kajian jurnalisme damai, analisis framing adalah metode yang kerap digunakan untuk melihat isi berita mengarah terhadap kepentingan yang mana.

Bagaimana media memberitakan informasi konflik yang terjadi akan lebih akurat jika menggunakan analisis framing. Metode ini juga cocok digunakan untuk kajian analisis tugas akhir berupa skripsi.


[Photo: Brotin Biswas | Pexels]


Selama ini, ada 4 (empat) model analisis framing yang dipakai:

Model Murray Edelman

Model ini berfokus pada bahasa dan simbol politik dalam komunitas. Model ini menggunakan perspektif tertentu dengan kata-kata tertentu pula yang dapat menandakan bagaimana fakta atau realitas dipahami. dalam melihat peristiwa, elemen paling penting bagaimana orang menciptakan katagori atau peristiwa.

Model Robert N. Entman

Model ini fokus pada studi isi media. Model ini juga menggambarkan bagian seleksi dan menonjolkan aspek tertentu dari realitas yang dibangun oleh media massa (bagian yang dianggap penting).

Model William A. Gamson

Fokusnya menghubungkan wacana media dan wacana umum. Jadi, sejenis perbandingan dan sebab akibat. Model ini fokus pada gerakan sosial, pengalaman dan ajaran sikap yang dibuat. Secara individu dan kolektif. Khalayak mempunyai pandangan yang sama atas suatu isu.

Model Zhongdang Pan dan Gerald M. Kosicki

Model ini membuat suatu pesan lebih menonjol, informasi lebih tertuju pada pesan. Model ini memakai 2 (dua) konsep, yaitu psikologi dan sosiologi.

Konsep psikologi melihat bagaimana seseorang memproses info dalam dirinya. Sedangkan konsep sosiologi merupakan bagian internal seseorang. Menafsirkan peristiwa dalam cara pandang tertentu.

Dari keempat model di atas, model Robert N. Entman dan model Zhongdang & Gerald M. Kosicki merupakan model yang paling umum dipakai dalam analisis framing. Terutama dalam analisis berita yang berkaitan dengan jurnalisme damai.

Posting Komentar

0 Komentar