7 Hari 7 Cara Lawan Corona

 Artikel ini sudah dipublikasikan oleh acehTrend pada Ruang Semangat tanggal 9 April 2020.

-o0o-

IMBAUAN pemerintah tentang stay at home untuk memutuskan rantai virus pada awalnya memang disambut gembira. Khususnya bagi kita yang sudah terlalu lelah kuliah dan bekerja. Namun, setelah beberapa hari di rumah rasa bosan dengan kegiatan agak mainstream justru menghampiri. Apalagi bagi mereka yang terbiasa dengan kegiatan di luar rumah.

Lantas, apa yang bisa kita lakukan untuk terus di rumah dan melewati waktu 24 jam tanpa bosan? Selain work from home atau school from home yang lumayan menjenuhkan. Berikut ada tujuh cara yang bisa dilakukan bergantian selama tujuh hari cukup menggunakan ponsel pintar yang kita miliki.


Stay at home memberi peluang lebih dekat dengan keluarga.
(Photo: Pexels)


Membaca

Zaman now membaca dengan menggunakan ponsel pintar bukan hal yang baru. Ini hal yang sudah biasa. Bagaimana dengan bukunya? Banyak perpustakaan digital dengan koleksi ribuan yang bisa diundah. Selain gratis, kita bisa membaca sambil rebahan kapan saja. Aplikasi seperti iPusnas, iJak, Cabaca, Storial, Wattpad, Gramedia Digital, atau berbagai jenis platform bacaan lainnya bisa diunduh dengan ruang yang kecil di ponsel. Mana yang lebih suka?

Menulis

Memilihi hobi menulis, tapi tidak punya laptop atau malas buka laptop? Di era teknologi ini tidak ada yang tidak mungkin. Ponsel pintar yang Anda miliki bisa menjadi solusi. Jika suka menulis cerita, ada Wattpad atau Storial yang akan menampung dan langsung menerima umpan balik dari pembaca. Bisa menulis juga di blog atau menggunakan WPS Office dan tinggal kirimkan saja ke media yang akan dituju.

Vlogging dan Blogging

Ngevlog atau ngeblog bukan hal asing untuk anak muda sekarang. Tergantung tingkat kepercayaan diri lebih besar kemana, Anda tinggal memilih salah satu atau keduanya. hobi cuap-cuap di depan kamera tapi bingung mau mengisi konten apa? Ide stay at home dan daily activity bisa direkam dan bagikan di kanal YouTube.

Jika tidak percaya diri tampil di depan kamera tetapi memiliki banyak ide untuk dibagikan, ngeblog bisa menjadi solusi. Tuliskan apa saja yang tersangkut di dalam kepala. Justru dengan membagikan ke blog akan lebih menyenangkan.

Fotografi

Memiliki hobi fotografi tapi tidak bisa keluar rumah? Bukan masalah, inilah saatnya untuk mengembangkan skill fotografi indoor. Olah semua benda menjadi ide cemerlang dengan flatlat photography dan unggah ke platform sosial media berbasis foto seperti Instagram atau Pinterest. Sesekali tidak ada salahnya mengecek foto lama kemudian mempelajari teknik baru dalam mengedit foto lebih menarik.

Belajar teknik bau mengedit foto salah satu hal yang bisa dilakukan.
(Photo: Pexels)


Nonton

Jika keempat ide di atas bukan kita banget, pasti menonton bukan sesuatu yang sulit. Semuanya suka nonton, tapi bosan dan was was dengan pemberitaan perkembangan virus yang semakin menjadi di televisi. Cek aplikasi di ponsel pintarmu, apa yang Anda pasang? Ratusan film di Iflix, Netflix, Viu, WeTV, iQiyi, dan berbagai macam aplikasi nonton lainnya bisa dimanfaatkan maksimal untuk mengusir rasa bosan dan menyelingi aktivitas selama stay at home.

Belajar Bahasa

Ingin mengejar beasiswa ke luar negeri atau sidang akhir memang dihadapkan dengan kemampuan bahasa asing. Sudah saatnya masa stay at home dimanfaatkan untuk belajar bahasa. Banyak sekali aplikasi gratis di playstore diberikan untuk kita para kaum rebahan. Kita bisa memanfaatkan momen ini untuk belajar bahasa.

Pod Cast

Tidak percaya diri ngevlog, tidak pandai merangkai kata ngeblog, hobi cuap-cuap dan merasa punya kemampuan public speaking yang lumayan. Tidak ada salahnya mencoba podcast dengan menggunakan aplikasi di ponsel pintar Anda. Coba cek aplikasi Anchor, Spoon, dan radio daringnya. Kita bisa menghabiskan waktu beberapa menit untuk cuap-cuap di sana.

Dari tujuh cara melawan corona ini, mana yang paling cocok untuk kamu lakukan? Siapa tahu, setelah masa pandemi berakhir, Anda akan mendapatkan berkah positif selama stay at home. Cara ini juga saya lakukan untuk mengusir bosan, lho!

-o0o-

Penulis adalah alumni Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) UIN Ar-Raniry Banda Aceh dan International Journalism dari Communication University of China. Saat ini penulis aktif sebagai dosen tetap di STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh.

 

Posting Komentar

2 Komentar

  1. Walau gak bisa ke mana2, tapi tetap ada cara biar gak bosen ya mba. Kalau saya tentu lebih milih untuk optimasi blog dan IG aja, mungkin nyantai :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Mbak. Seringkali kita butuh sesuatu yang beda agar stay at home berasa lebih berfaedah.

      Hapus