The Selection: Dicari! Istri Pangeran Kerajaan Illea

 Judul Buku: The Selection • Penulis: Kiera Cass • Penerjemah: Nina Setyowati • Penerbit: Bentang Belia (Yogyakarta: 2017) • Tebal: 381 hal • ISBN: 978-602-430-105-7

Saya ingat alasan membeli buku ini langsung satu set lengkap. Lima buku dan itu lumayan pricey karena sedang hits banget tahun 2018. Tapi saya ingin memiliki serial ini karena ilustrasinya juga perempuan cantik. Apalagi ulasan para bookstagram yang membuat saya semakin penasaran.

[Photo: Pexels/Bestbe Models]


Saya pikir saya akan langsung emmbaca dan mengikuti trend posting buku ini saat lagi hype. Ternyata saya malah memilih menimbunnya. Nggak tanggung-tanggung, lima tahun masa timbunan dan baru saya baca di pertengahan tahun 2024.

Perintah Kerajaan Illea: Ikut Seleksi!

Saat semua gadis menginginkan ikut Seleksi, Amerika Singer justru tidak menginginkannya. Dia hanya ingin hidup dengan Aspen dengan tenang dan bahagia. Menghabiskan waktu di rumah pohon sambil bernyanyi. Bercerita tentang masa depan sebagai rakyat kasta lima dan tujuh. Serta melakukan hal-hal konyol yang orang lain tidak tahu dimana letak kebahagiaannya, tapi dia harus mengikuti Seleksi ini.

Seleksi ini seperti halnya reality show yang banyak dilakukan untuk mencari tokoh-tokoh perempuan cantik menjadi perwakilan terbaik. Kali ini bukan untuk menjadi miss ini itu, tapi menjadi ratu. Ya, ratu kerjaan Illea di masa depan. Mendampingi Pangeran Maxon yang diidamkan banyak perempuan normal.

America hanya mengikuti Seleksi karena perintah dari kerajaan. Mereka diselksi bukan saja karena kecantikan, tapi kepribadian. Tentu saja kecantikan adalah mutlak. Dari semua kriteria yang diberikan, America tidak pernah yakin akan terpilih dalam lima orang gadis yang disebut Elite.

Iustrasi The Selection
[Photo: Mizan Store]

Setelah masuk menjadi salah satu dari 35 gadis terpilih, America kaget bisa bertemu dengan Pangeran Illea. Sebagai gadis kasta lima di Kerajaan Illea, America sama sekali tidak menduga dia akan bertemu Maxon. Dia juga tidak menyukai calon raja masa depan itu.

Menurutnya, Maxon nggak lebih baik daripada Aspen. Cuma menang beruntung terlahir dari keluarga kerajaan saja. Dia juga tidak peduli saat semua gadis berlomba mencari perhatian Maxon, meski banyak juga yang seperti dirinya. Tidak menginginkan posisi ini.

Pemerintahan Monarki

Kisah ini menggambarkan gambaran pemerintahan monarki dengan sentuhan modern. Pernikahan yang diatur negara, dan perjuangan rakyat jelata mengubah aturan baku turun temurun. Jika ditilik dari cerita ini, Kerajaan Illea menganut sistem pemerintahan monarki absolut. Monarki absolut adalah sistem pemerintahan yang rajanya memiliki kekuatan penuh untuk memerintah dan bebas. Inilah yang terjadi dengan Kerajaan Illea. Jadi, Pangeran Maxon ini pangeran yang akan menggantikan ayahnya nanti. Dia adalah putra mahkota.

Lima buku The Selection Series oleh Kiera Cass
[Photo: Search by Google]


POV Satu yang Asyik Sekaligus Bikin Kepo

Tokoh utama dalam The Selection adalah America Singer, ditulis pula dalam sudut pandang orang pertama. Saat membaca buku ini, kita seolah menjadi Lady America. Kita membaca mewakili dirinya, mengetahui isi hatinya, kekesalannya, pemberontakannya, dan segala hal tentang Lady America.

Sayangnya, kita justru nggak tahu apa-apa soal Maxon selain dari sudut pandang Lady America. Beberapa sesi yang membahas soal Maxon dibahas hanya dari sisi Lady America. Tentu kita kepo, dong, Maxon ini gimana pendapatnya tentang Lady America dan gadis-gadis lainnya. Kita juga nggak tahu bagaimana pendapat Aspen tentang Lady America setelah masuk istana.

Memikirkan Kembali Tujuan Pernikahan

Dari cerita ini kita mulai berpikir menyeluruh tentang arti dan tujuan pernikahan. Kalau pernikahan diatur oleh negara, buat apa jatuh cinta pada orang lain? Toh akhirnya kerajaan akan ambil alih dan bisa saja hati berpaling secara sukarela atau terpaksa.

[Photo: Pexels]

Seperti Lady America yang mulai bimbang. Tetap mempertahankan hubungannya dengan Aspen yang menjadi pengawal di kerjaan atau memumpuk dan menumbuhkan cintanya kepada Aspen secara sukarela. Meskipun diam-diam dia masih bertemu dengan Aspen, tapi tanpa bisa dicegah dia juga cemburu ketika Maxon berdekatan dengan gadis lain.

Sebagai pembaca yang menikmati tokoh utama perempuan, saya merasa menjadi America Singer dan dapat merasakan kegelisahan yang dia rasakan sebagai rakyat jelata tak berkelas masuk ke kalangan elit. Semalam masih makan sepiring berbagi, saat bangun tidur semua serba berlebih dan mewah.

Posting Komentar

14 Komentar

  1. terimakasih review bukunya mba, jadi penasaran baca cerita seriesnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama, Kak. Baru sampai di buku ketiga bacanya.

      Hapus
  2. Covernya ciamik banged duluuu akhirnya pinjem. Semangat ya kak!

    BalasHapus
  3. Covernya ciamik banged duluuu akhirnya pinjem. Semangat ya kak!

    BalasHapus
  4. Sebuah kisah yang menarik. Terima kasih sudah berbagi, kak.

    BalasHapus
  5. Jadi terpikir kalo indonesia mengatur dengan siapa warganya menikah gimana ya? 😳

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pasti bakalan ada aturan dilarang menikah sebelum pemilihan selesai.

      Hapus
  6. Ah terima kasih reviewnya. Btw, ini jadi TBR yang lumayan lama ya masanya. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Kak. Etapi ada yang lebih lama lagi, kok. Udah tertimbun sejak tahun 2006. Hahaha

      Hapus
  7. Wah dapat tambahan bacaan buku baru. Keren sekali, ulasannya lengkap kak.

    BalasHapus
  8. Review buku baru, terimakasih kak atas review nya

    BalasHapus