A Love Like This: Racikan Cinta Dua Chef Bintang Lima

 Judul Buku: A Taste Like This • Penulis: Ayu Rianna • Penerbit: Gramedia (Jakarta: 2022) • Tebal: 328 hal • ISBN: 978-6020-663-67-8

Forbidden City atau Palace Museum
[Photo: Pexels]

Huang Lei tidak menyangka akan bertemu lagi dengan Selena Fortier di dapur The Capital Beijing Restaurant. Setelah bertahun-tahun kehilangan kontak dan memendam rindu, kali ini dia melihat teman kecilnya menjadi pastry chef setiap hari. Sayangnya, Selena yang muncul di depannya kali ini bukanlah Selena yang sama dengan yang dia kenal. Selena muncul dengan dengan karakter yang berbeda.

Selena punya alasan untuk kembali ke Beijing. Bukan semata-mata karena Huang Lei. Dia mengalami kisah cinta yang kelam, hidup yang nyaris sia-sia, dan bakat luar biasa yang hampir diabaikan. Hanya kepedulian orang-orang dekat yang membawanya kembali ke Beijing dengan suasana berbeda. Tentu saja, untuk memulihkan luka.

Kembali ke Beijing dan The Capital City of Beijing Restaurant tidak sia-sia. Semua kembali hidup setelah bertemu dengan Huang Lei, tapi ada seseorang yang tak sengaja membuka kembali luka dan trauma lama. Lelaki yang akhirnya menyerah setengah mengetahui masa lalu Selena dan melihat perjuangan sahabatnya. Dia adalah bos Selena yang terang-terangan menunjukkan perhatiannya. Cerita cinta segi tiga pun dimulai dari sini.

Meracik Rasa Cinta di Dapur Hotel

Kisah ini berkisar soal dapur, restoran kelas atas, dan Beijing. Keglamoran kota Beijing dan beberapa hal tentang Beijing dipaparkan apik oleh penulis dengan riset yang mendalam. Sebagai orang yang pernah menjadi The Beijinger, saya dapat merasakan kekuatan deskripsi tempat dan karakter orang-orang dari cerita ini.

[Photo: Tangkap layar dari Instagram @oliverial_]

Karakter Lei dan Selena yang dibangun memiliki chemistry kuat. Deskripsi dan gaya bahasanya menyatu banget. Berasa lagi nonton dracin, bukan lagi baca buku. Saya malah membayangkan Hankiz Omar menjadi Selena Fortier dan Allen Ren yang menjadi Huang Lei dalam cerita ini.

Apalagi bagian interaksi Selena dan Lei di dapur. Hmm, sukses bikin baper dan terklepek-klepek. So sweet. Bukan sekedar romansa, dari Selena kita belajar untuk bangkit dari masa lalu yang terpuruk. Mengobati luka lama dengan membuka lembaran baru, juga tidak menjadikan kekurangan sebagai penghambat.

Informasi Soal Pastry Chef

Novel ini memang recommended buat pecinta romance yang nggak terlalu membuat diabetes, tapi penuh dengan informasi baru dan dunia pekerjaan yang detil. Jenis pekerjaan yang dijalani oleh tokoh bukan sekedar tempelan. Penulis menciptakan pekerjaannya chef begitu hidup, nyata, dan seolah kita adalah penonton yang menyaksikan mereka bekerja di dapur.

Sekali lagi, bukan sekedar tempelan, dunia dapur juga dideskripsikan dengan seoke-okenya. Hal lain yang menarik bagi saya di buku ini, penulis juga meng-update informasi tentang Story of Yanxi Palace yang menduduki salah satu drama terbaik sepanjang tahun dan masih populer hingga saat ini.

Historical Romance ‘Story of Yanxi Palace’

Jika Anda adalah penggemar dracin Sejarah, tentu saja drama berdurasi kurang dari 45 menit perepisode ini cukup familiar. Bagi yang jatuh cinta pada dracin Sejarah karena drama ini, bisa dipastikan kalau Anda bukan satu-satunya yang akan berteriak histeris saat membaca salah satu bagian pernikahan ada yang menyanyikan sountrack dari drama Story of Yanxi Palace.

Story of Yanxi Palace
[Photo: Search by Google]

Di buku ini juga dijelaskan fakta tentang Beijing dan The Forbidden City yang semakin melejit setelah drama ini. Memang, drama ini bukan saja fenomenal sejak ditayangkan pertama kali pada tahun 2018, tapi menjadi salah satu drama terbaik sampai saat ini

Bagaimana, tertarik membaca buku A Love Like This dulu atau nonton dracin Story of Yanxi Palace dulu, nih?

Posting Komentar

14 Komentar

  1. wah, ceritanya bagus semua mba, dracin cina tuh emang seru-seru tapi aku lebih bnyak ga selesai karena panjang episodenya, sad bnget. tipe yang ga kuat cerita-cerita panjang. wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau dikalkulasikan brdasarkan total durasi, drakor lebih panjang. Secara episode drakor jumlahna dikit, beda sama dracin yang sampe puluhan. Padahal ujungnya sama aja sih, Mbak. hehehe..

      Hapus
  2. Tertarik buat nonton dulu kak. Btw meracik masakan aja mantap, apalagi meracik cinta eaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eaaaa... Apalagi kalau makanan diracik bersama yang dicinta, ya.

      Hapus
  3. Belum pernah baca buku beginian, Alhamdulillah ilmu baru kak hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurutku seru dan healing banget, sih. Sama-sama, Kak. Semoga bermanfaat.

      Hapus
  4. Penulisannya rapih. Suka banget dengan style tulisannya.

    BalasHapus
  5. Pengen request review buku boleh kali kak?
    Seru tiap mampir ke blognya berasa jadi nonton drama😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh banget, Kak. Bisa di japri via WA atau grup. Boleh juga di komen.

      Hapus
  6. Wah rekomendasi keren kak, jadi penasaran mau baca.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cocok buat yang pengen baca romance yang nggak terlalu manis, tapi bikin ngangenin. Informasinya juga banyak.

      Hapus
  7. Baca buku dulu biasanya. Soalnya kalau udah nonton balas baca bukunya. Hehe

    Btw, bukunya terjemahan kan ya? Ada tips ngga sih, Kak, baca buku terjemahan tu? Semangat bacaku suka mleyot e baca terjemahan. Hiks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini romance lokal, Kak. Bukan terjemahan. Kebetulan saja kalau dracin yang disebut itu disebut pula dalam novel ini. Btw, soal tips baca buku terjemahan akan ditulis, deh.

      Hapus