Ngabuburit Ala Anak Kos, Dari Pantai Hingga Meja Makan

 Puasa jauh dari rumah bukan hal yang aneh lagi sekarang. Banyak mahasiswa dari daerah harus jauh dari keluarga untuk menuntut ilmu dan mengharuskan berpuasa secara mandiri. Tidak ada bu mak taguen (nasi masakan ibu) atau sahoe geu pugoe le mak (sahur dibangunin Ibu). Tinggal makan Cuma mimpi indah para perantau. Yach, meskipun pada akhirnya yang tinggal di kos-kosan berakhir sahur dengan mie instan juga.

Bagaimana dengan berbuka? Sama saja. Kenikmatan berbuka di rumah pasti hanya berakhir sebagai genangan air mata saja bila dikenang. Namun yang ngekos juga bisa kok menikmati berbuka bersama dengan teman-teman. Kelak berpuasa di kos-kosan menjadi salah satu kenangan indah yang tidak akan hilang dikenang ketika menua nanti.

Momen ngabuburit adalah momen yang paling indah untuk dikenang dan paling mungkin meningkatkan kadar bahagia selama puasa. Seperti yang umumnya diketahui bersama, didefinisikan dari berbagai sudut pandang setiap tahun. Ngabuburit adalah kegiatan yang dilakukan oleh satu atau sekelompok orang sambil menunggu waktu berbuka puasa. Tidak ada pengecualian untuk yang melakukan ngabuburit. Semua bisa melakukannya, termasuk anak kos.

[Photo: Pexels]

Mahasiswa kan banyak sekali pekerjaannya, apalagi selama ini nggak libur di bulan puasa. Gimana mau ngabuburit? Hmm, percaya, deh. Di jalanan itu yang paling banyak terlihat ikut ngabuburit ya mahasiswa. Justru di saat masih muda dan kerjaan belum bertambah menyiapkan takjil dan menu berbuka lainnya, maka ngabuburit sudah selayaknya dimaksimalkan oleh para mahasiswa.

Eh, di kampus Aceh bulan puasa kali ini bertepatan dengan minggu midterm. Bagaimana memaksimalkan ngabuburit agar sejalan dengan kegiatan kampus? Bisa, kok. Mungkin salah satu atau semua ide di bawah ini bisa diikuti untuk mengisi waktu produktif di bulan puasa, ya.

Tafakkur Alam

Tafakkur alam atau merenungi alam ciptaan Allah ini nggak mesti jauh-jauh seperti kebanyakan orang. Selama bulan puasa, banyak cara yang bisa dilakukan untuk merenungi. Apalagi sudah seharian melepas lelah. Jam-jam kritis menjelang puasa sangat berbahaya. Cairan pencuci piring bisa terlihat seperti sirup melon. Jadi, berada di rumah saja sambil membersihkan taman atau menyirami tanaman salah satu ide yang bisa dipertimbangkan, kok.

Nyicil Membersihkan Kos

Ini juga berlaku untuk mahasiswa yag tinggal di rumah. menyicil membersihkan rumah salah satu cara agar tidak repot ketika menjelang lebaran. Kalau biasanya gotong royong dekat-dekat lebaran, sekarang pakai metode nyicil bersih-bersih. Jangan sampai saat mudik meninggalkan kos dalam keadaan kotor, ya. Di akhir Ramadan kita bisa fokus memikirkan hal lain. Baju baru misalnya, hehe. Iyalah, baju baru kan termasuk fokus utama selama berpuasa.

Santai di Pantai

Jika kebetulan kota tempat domisili tidak jauh dari pantai, ngabuburit ke pantai bisa menjadi salah satu alternatif. Bawa saja bekal berbuka. Begitu bedug maghrib terdengar, bisa langsung makan sambil menikmati sunset di bulan Ramadhan.

Sepanjang Jalan Cari Takjil

Ini kegiatan paling memorable untuk anak kos. Keluar jalan kaki atau motoran bareng teman-teman satu kosan untuk cari takjil. Menembus jalanan macet di sore hari bareng-bareng. Walaupun pada akhirnya takjilnya juga menunggu sumbangan tetangga. Hehe.

[Photo: Pexels]


Mengerjakan Tugas

Meski terdengar serius, mengerjakan tugas sebagai kegiatan ngabuburit ini salah satu kegiatan yang paling menyenangkan, lho. Bayangkan bagaimana lelahnya otak bekerja, tiba-tiba waktu berbuka tibah. Wah, wah, langsung adem kepala.

Nongkrong di Meja Makan

Seseru-serunya ngabuburit ya nongkrong di meja makan sambil. Bukan untuk menatapi menu yang beraneka ragam, ya. mempersiapkan menu berbuka bersama-sama teman satu kos adalah salah satu cara yang paling menyenangkan selama bulan puasa. Ada sesnsasi tersendiri untuk disyukuri bila dikenang.

Pada dasarnya, kegiatan ngabuburit memang lebih banyak dilakukan oleh anak-anak kos. Namun akibat ngabuburit ini, banyak sekali tugas keteteran karena padatnya agenda di bulan Ramadhan. Bijak memilih waktu dan tempat ngabuburit adalah salah satu soft skill yang harus dimiliki oleh para mahasiswa di bulan Ramadhan.

Posting Komentar

0 Komentar