Aku, Kau dan Kereta

Apa yang paling berkesan dari China? pertanyaan ini biasanya ditanyai oleh para dosen dan teman-teman yang saya temui selama di China. Jawaban saya sangat aabsurd. China memperkenalkan saya melakukan perjalanan naik kereta api.

Ya. Di China lah saya pertama kali melakukan perjalanan menumpang kereta api. Kereta api cepat yang populer dengan sebutan pelor speed train. Perjalanan pertama menggunakan kereta api ketika kami berangkat ke Shanxi, sebuah provinsi di bagian barat China. Pihak sekolah menyewa dua gerbong khusus untuk mahasiswa yang ikut trip ke Pingyao.

Foto impian: Makan di kereta api
[Photo: Muhammad Bilal Khan]
Perjalanan ke Pingyao menggunakan kereta api cepat memakan waktu selama lima jam dari Beijing. Kereta api tidak langsung menuju ke Pingyao, tapi berhenti di ibukota provinsi Shanxi, yaitu Taiyuan. Dari Taiyuan, para penumpang harus menumpang bus lagi selama lebih kurang dua jam ke Pingyao. Dari pemberhentian bus, setiap turis harus menunpang lagi kendaraan sejenis becak untuk masuk ke kota kuno ini.

Saya sangat menikmati perjalanan dengan kereta api. Selain menyenangkan, komunikasi yang dibangun bersama teman-teman lebih dekat. Saya bahkan bisa bertahan untuk tidak tidur demi menikmati pemandangan negara China yang cukup bagus. Ada beberapa pegunungan, perkotaan seperti di film-film.

Perjalanan dengan kereta api memberikan nilai lebih. Ya, China cukup indah. China juga cukup menyenangkan. 

Posting Komentar

0 Komentar