Menikmati Xuebi Malam-Malam Sepi

Sprite, di Indonesia lebih populer disebut Sprit dan di China lebih parah lagi. Mereka menyebutnya dengan kata Xuebi dengan Xue memakai aksara yang berarti salju. Secara filosofi, Sprite merupakan minuman penyejuk seperti salju. Apalagi jika ditambahi es batu di dalamnya.

Terakhir kali saya meminum Sprite pada bulan Mei 2016 di restaurant Khan Baba. Itu juga karena teman sekelas saya mengambil dua kaleng Sprite untuk kami minum. Sebenrnya di saat makan enak seperti itu, saya tidak mau merusak rasa yang masih lekat di lidah dan mengguncang perut dengan minuman bersoda sejenis. Untuk menghormati teman saya, maka saya menerima pemberiannya. Lagipula dia juga tidak bayar. Tidak ada alasan untuk menolak dengan mengatakan, “Kita sama-sama mahasiswa. Simpan uangmu.” Biaya buffet yang kami bayarkan sebesar 65 RMB/orang sudah mencakup untuk sekaleng minuman bersoda. Termasuk sprite  di dalamnya.

Ketika minuman bersoda tidak boleh tinggal di tiap makan bersama.
[Photo: Koleksi Pribadi]
Beberapa hari lalu saya sempat meminta pada laogong (Suami, mandarin) untuk membelikan sebotol sprite untuk saya. Saya katakana pula alasan bahwa sudah setahun saya tidak menyentuh minuman kaleng ini. Awalnya ia menolak. Seminggu kemudian ketika kami singgah di supermarket kawasan Aneuk Galong, sebotol Sprite dengan ukuran satu liter masuk dalam kantong belanja kami.

Bagaimana menikmatinya?

Teman saya asal Rusia mengajarkan menikmati xuebi di malam-malam sepi. Istilah ini digunakan untuk merujuk dalam keadaan kesepian atau sedang menyendiri untuk mengerjakan tugas dan lainnya. Ia berkata, sebelum tutupnya dibuka sebaiknya ocok dulu. buku tutupnya dan akan terdengar suara ‘jeeessssss!!!’ itu artinya sensasi pertama sudah kita dapatkan.

Tuang perlahan ke dalam gelas kecil putih transparan. Tatap buih yang memenuhi gelas. Jangan isi sampai buih meluap. Biarkan saja sampai buih penuh. Lalu berhenti. Meskipun hanya sedikit xuebi yang mengisi gelas, nikmati saja. Di sanalah sensasi si sprite ini yang sesungguhnya. Kemudian minum seteguk demi seteguk.

FYI, kalau kamu sedang sendirian sambil membuat tugas kuliah atau kerja hingga larut malam, silahkan pasang headset dan dengarkan lagu favoritmu. Ketika lagu mengalun sambil menenggak sprite dalam gelas mungilmu. Kamu akan tahu bahwa sendiri itu juga indah. Direkomendasikan untuk para jomblo sampai halal!

Posting Komentar

0 Komentar