Kegiatan Sosial di Bulan Ramadan Ala Mahasiswa

 Assalamualaikum bestie study and travel!

Apa kegiatan yang paling menarik selama bulan Ramadan? Salah satunya tentu kegiatan yang berbau buka bersama alias bukber, kan? Etapi, kalau sekedar bukber saja sudah biasa. Apalagi kalau Cuma sekedar ngumpul dengan teman satu sirkel atau teman seangkatan di kampus. Iya, biasa banget. Ujung-ujungnya pasti ada yang nggak bisa datang dengan alasan klasik, “rumahku kejauhan. Nggak berani pulang sendirian” atau “susah keluar sih kalau udah malam banget.”

Bukber atau bahasa kerennya iftar akbar bisa banget dibuat dengan konsep lain. Apalagi perkumpulan komunitas mahasiswa yang punya banyak tim, tapi seret dana. Iftar akbar bisa dilakukan dengan mengusung sekaligus kegiatan sosial. Bukan sekedar senang-senang makan enak saja. Kegiatan sosial bisa dilakukan di pesantren, panti asuhan, rumah singgah, dan lain-lain. Ini jauh lebih efektif daripada mengundang penerima santunan datang ke tempat acara. Sekalian aja acaranya digelar di tempat mereka.

[Photo: Pexels/Sami Abdullah]

Hal-hal yang dipersiapkan juga nggak banyak, kok. Berikut langkah-langkah yang bisa dilakukan jika berencana membuat kegiatan amal.

Buat Perencanaan

Tentunya perencanaan untuk kegiatan amal di bulan Ramadan harus dipersiapkan jauh-jauh hari sebelum acara digelar. Apalagi kalau kegiatan amal yang akan dilakukan nggak sekedar buka bersama saja. Kalau Cuma buka bersama, tinggal pesan jumlah menu dan minta diantarin ke tempat acaranya saja, kan. Untuk kegiatan sosial, peencanaan yang akan dilaksanakan harus benar-benar matang agar acara berjalan lancar.

Tentukan Agenda Kegiatan

Selain mempersiapkan anggaran dan hal-hal yang bersifat material, agenda kegiatan yang akan dilakukan juga harus jelas. Nggak mungkin dong kegiatan sosial di bulan Ramadan Cuma buka puasa bareng aja. Agenda yang jelas dan daftar kegiatan yang menarik akan meninggalkan kesan yang baik juga untuk penerima santunannya.

Rencana Anggaran Belanja

Ini juga paling penting. Dari sejumlah kegiatan yang dilakukan, harus jelas apa berapa anggaran yang direncanakan. Apalagi komunitas mahasiswa seperti HMJ, UKM, UKK, tentu anggarannya nggak begitu banyak dan tiap kampus berbeda-beda. Anggarannya sudah harus diperjelas dan dipastikan apakah akan ada anggaran tambahan yang dipungut dari anggota atau mencari donatur. Semakin banyak anggaran, tentu saja kegiatannya semakin berjalan dengan baik.

Tim Pelaksana

Untuk ikut senang-senang di hari H semua orang pasti mau, tapi untuk berdarah-darah mempersiapkan sebelum hari H ini yang sulit. Tidak semua anggota komunitas mau bersusah-susah bekerja mempersiapkan kegiatan agar berjalan dengan baik. Pilihlah tim pelaksana yang berdedikasi dan loyalitasnya tinggi. Dengan begitu, acara akan berjalan baik tanpa kendala. Insyaallah.

Setelah persiapan matang, rencana kegiatan amal juga bisa dilaksanakan dengan tenang. Nah, ada beberapa kegiatan amal yang dapat dilaksanakan oleh komunitas mahasiswa selama bulan Ramadan, bestie.

Iftar Akbar dengan Anak-Anak Panti Asuhan, Anak Jalanan, atau Anak Kurang Mampu

Kegiatan bisa dilaksanakan di panti asuhan, rumah singgah, atau mengundang mereka ke lokasi acara yang sudah disediakan panitia. Jika dana terbatas, sasarannya bisa dipilih yang jumlahnya sedikit saja. Akan lebih bagus kalau panitianya melakukan sedikit effort dengan mengajukan proposal ke donatur untuk meminta sumbangan bantuan dana. Pasti banyak kok donatur yang mau berbagi.

Berbagi hamper lebaran

Bisa juga berbagi hampers lebaran untuk anak-anak di panti asuhan atau anak yatim dan fakir miskin. Isi hampernya tentu yang mereka butuhkan untuk menyambut hari kemenangan. Mereka juga punya hak untuk mendapatkan kebahagiaan yang sama dengan anak-anak lainnya, kan?

Menggalang Bantuan

Ini bukan sekedar dilakukan saat ada daerah yang sedang mengalami musibah saja, bestie. Penggalangan bantuan bisa dilakukan kapan saja. Misalnya menggalang bantuan dana untuk santunan, mengumpulkan baju bekas layak pakai untuk dibagikan kepada orang-orang yang membutuhkan, dan banyak lagi yang bisa dilakukan.

Semua yang dilakukan dengan tujuan baik akan bermanfaat untuk penerimanya. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW, “seutama-utamanya sedekah adalah di bulan Ramadan.” (HR. Imam Tirmizi).

Posting Komentar

0 Komentar