Tips Blogging Untuk Para Mahasiswa Sebagai Salah Satu Skill Digital

 Belakangan ini, istilah skill digital sangat banyak kita dengar. Baik itu di media sosial yang dijadikan sebagai konten atau di ruang publik untuk menunjukkan kebutuhan keterampilan di era 4.0. Sebagai mahasiswa komunikasi, istilah ini tentu tidak asing lagi untuk kita dengar bahkan dipraktekkan. Permasalahannya masih banyak mahasiswa yang menunda mempelajari skill digital atau mengembangkannya karena berpikir masih sangat dini. Padahal yang namanya skill tidak sama seperti makan, baru menghampiri meja makan ketika lapar.

Kecakapan dalam digital harus disadari sejak dini. Mulai dari hal-hal sederhana seperti pengarsipan dan memaksimalkan penggunaan aplikasi di ponsel. Baik itu berupa kecerdasan buatan ataupun hal lain yang lebih expert. Ngeblog juga bisa menjadi salah satu kecekapan dalam skill digital, lho.

[Photo: Search by Google]

Keterampilan digital (skill digital) didefinisikan sebagai kemampuan untuk menemukan, mengevaluasi, menggunakan, berbagi, dan membuat konten menggunakan perangkat digital seperti komputer dan ponsel cerdas. Jadi, sudah jelas menulis konten untuk blog salah satu bagian dari skill digital. Apalagi sekarang banyak sekali pekerjaan yang bisa dilakukan dari rumah hanya dengan memiliki kemampuan menulis seperti content writer, copywriter, writer, dan lain-lain. Memulai dari menulis blog adalah salah satu yang bisa dipraktekkan oleh para mahasiswa.

Blogging ini cukup bermanfaat untuk mahasiswa. Selain melatih mengembangkan ide sederhana di sekitar kita, ngeblog juga melatih kemampuan menulis secara aktif. Apalagi jika diikuti dengan berpikir kreatif, wah.. lengkap sudah. Blogging ini memang sangat bermanfaat.

Talk With Them Not Talk To Them

Pernah blogwalking dan menemukan beberapa blog yang sangat friendly, kan? Kita terasa terbawa dan hanyut dalam uraian si penulis. Seolah-olah si penulis sedang bercerita kepada kita. Bahkan saran-saran yang dia sampaikan tidak terkesan menggurui. Nah, si blogger ini sedang berbicara dengan pembacanya bukan sedang ceramah. Tips yang ini sangat efektif untuk menarik jumlah pembaca dan fans di dunia blogging.

[Photo: Pexels]

Memilih Tampilan Visual

Memang tidak ada salahnya menggunakan foto dari dokumentasi pribadi untuk visual artikel. Akan tetapi kalau gambarnya kurang pas jadinya tidak menarik. Sekarang ini banyak sekali gambar-gambar yang bisa digunakan secara gratis untuk melengkapi konten blog. Misalnya saja dari Pexels. Selain itu, template yang menarik sebagai visual juga sangat mempengaruhi kenyamanan mata para pengunjung ketika kita mulai ngeblog. Template juga menunjukkan karakteristik si pemiliknya, lho.

Konsisten

Secara khusus tips yang paling penting untuk mahasiswa yang harus dicoba hanya konsisten dalam menulis. Konsisten ini terdengar gampang, tapi praktiknya paling sulit. Jika banyak hal lain yang dilakukan dan belum bisa konsisten menulis setiap hari, mungkin membuat jadwal tayang di blog salah satu yang bisa dilakukan. Konsisten tayang lah.

SEO Friendly

Bagian ini memang sedikit sulit, terutama bagi yang tidak terbiasa dengan SEO, bukan CEO di drakor-drakor, lho. Search Engine Optimization (SEO) adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatka volume dan kualitas trafik kunjungan melali mesin pencari menuju situs web tertentu. Jadi, kalau seseorang mencari informasi tertentu akan diarahkan ke blog kita jika di sana tersedia konten yang dimaksud atau terdeteksi sama. Sedernahannya, ketika nama blog muncul di pencarian google, itu sudah mulai terdeteksi SEO.

Tips blogging ini gampang-gampang susah. Dalam banyak hal, selain konsisten menulis konten untuk blog, bergabung dengan komunitas blogger dan mendapatkan teman yang saling mendukung sangat berpengaruh pada perkembangan blog kita. Tentunya dengan sama-sama belajar dan tetap belajar, baru tujuan ngeblog ini tercapai, kan?

Posting Komentar

0 Komentar