5 Kegiatan Bermanfaat Untuk Anak Kos Selama Puasa

 Bagi kalian yang masih berstatus mahasiswa, ngerasa nggak kalau selama bulan puasa rata-rata menghabiskan waktu di rumah aja? Kuliah nggak libur, tapi waktu terasa lama sekali berlalu. Mau nongkrong nggak mungkin, mau melakukan hal-hal yang ‘produktif’ juga takut cepat lapar dan lelah. Waktu terlalu banyak di rumah.

Jangan khawatir soal waktu yang terlalu lama berlalu. Selain kuliah, sebenarnya banyak sekali hal-hal lain yang bisa dilakukan selama bulan puasa ini. semua yang dilakukan tentu membawa manfaat untuk diri sendiri. Terutama bagi anak-anak kos yang jauh dari orang tua.

Khusus untuk akan kosan, berikut ada beberapa hal yang bisa dilakukan selama bulan puasa di rumah aja. Jauh dari rumah, nggak ngumpul-ngumpul, bukan berarti aktivitas harus terhenti karena alasan puasa, kan?

Membaca Jurnal dan Menyiapkan Proposal Skripsi

Khusus untuk mahasiswa di semester enam atau menuju tahun keempat, kegiatan ini bisa banget untuk dilakukan dengan sepenuh hati. Baca perlahan beberapa judul jurnal yang kiranya bisa memberi ide atau memperlua wawasan tentang topik yang akan ditulis dalam skripsi nantinya. Jika ide tersebut sudah cukup matang, bisa dikembangkan dengan menulis proposal skripsi. Jadi, ketika semster tujuh sudah bisa didiskusikan dengan pembimbing akademik sebagai proposal skripsi yang akan diajukan.

[Photo: Pexels]


Kerja Part Time

Memang bisa? Bisa banget lah. Di bulan puasa, banyak sekali rumah makan yang mencari pekerja part time untuk mempersiapkan menu berbuka. Apalagi jika tidak ada larangan berbuka puasa bersama. semua rumah makan akan sibuk dengan persiapan menu berbuka yang tentunya membutuhkan banyak tenaga kerja untuk membantu. Selain di cafe, warung, atau cafe, bisa juga bekerja part time di toko-toko pakaian yang tak kalah sibuk menyambut lebaran. Selain mendapatkan uang saku tambahan, kamu juga akan mendapatkan pengalaman bagaimana mengelola sebuah usaha. Siapa tahu setelah lulus kuliah bisa jadi laoban (bos).

Mencuci dan Menyetrika

Pernah melihat room tour ala YouTuber? Apa yang dilihat di saluran YouTube mereka bisa menjadi inspirasi buat mulai bersih-bersih kamar kos. Terutama bagian lemari pakaian agar terlihat rapi dan ala-ala YouTuber. Tentu saja harus dimulai dengan mencuci dan menyetrika terlebih dahulu. Mungkin agak membosankan di hari biasa, tapi jika dilakukan selama bulan puasa akan terasa lebih ringan. Selain nggak kemana-mana, kita juga tidak tergoda dengan ajakan nongkrong.

Hobi Jadi Bisnis

Katanya, hobi terbaik adalah yang bisa menghasilkan. Zaman digital ini, tidak sedikit orang-orang yang menguangkan hobinya sebagai bisnis. Bisa melakukan apa saja dengan hobi tersebut. Misalnya fotografi, menulis, konten kreator, videografi, menggambar, dan lain-lain. Jadikan hobi sebagai bisnis, kalaupun tidak bisa menghasilkan uang, setidaknya belajar bagaimana menghasilkan dari hobi tersebut.

Menyusun Rencana Hidup Setelah Lebaran

Apa yang akan dilakukan setelah semarak lebaran berakhir? Tidak mungkin melakukan hal yang sama seperti di bulan puasa bukan? Tidak malas-malasan setelah sahur atau stuck dengan suasana puasa yang begitu-begitu saja. Rencanakan segala sesuatu setelah libur lebaran usai. Agar semua berjalan dengan lancar dan tertarget.

[Photo: Pexels]

Selain lima kegiatan di atas, banyak sekali yang bisa dilakukan oleh anak-anak kos selama bulan puasa dan bermanfaat. Misalnya aktif di mushalla dan ikutan pesantren kilat. Semuanya tergantung minat dan menurut kita asyik untuk dijalankan, ya. Menurutmu, apalagi yang bisa dilakukan selama bulan Ramadan?

Posting Komentar

0 Komentar